Tempat Berbagi Makalah, Karya Tulis/ Ilmiah Serta Berbagai Macam Tugas Sekolah Dari SD/SMP/SMA dan Umum

Friday, August 1, 2014

KARYA ILMIAH LAPORAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE KARYAWISATA DI TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III SINGKUT SAROLANGUN

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE KARYAWISATA DI TAMAN KANAK KANAK
AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III
SINGKUT SAROLANGUN

Yuli Mawarni
NIM 819252465
Email : yuli1981mawarni@gmail.com


Abstrak

Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran perkembangan kemampuan khususnya berhitung anak kelompok B taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal III singkut sarolangun masih belum maksimal. Hanya 40% anak yang mampu sementara yang lain masih perlu perbaikan.hal ini terjadi karena guru kurang kreatif dalam merangsang pembelajaran, kurang dapat dalam penggunaan metode belum menarik minat anak, pengelolaan kelas kurang tepat, dan konsentrasi anak kurang maksimal. Dan perbaikan ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif khususnya berhitung anak kelompok B melalui metode karyawisata. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode karyawiwata, dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 5 RKH atau lima kali pertemuan dengan langkah-langkah rencana,  prosedur pelaksanaan, rencana pengamatan, pengumpulan data, instrumen, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan kognitif khususnya berhitung anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Singkut Sarolangun. Pada siklus I dilaksanakan metode karyawisata secara kelompok besar kemampuan berhitung anak mencapai 40 % sedangkan pada siklus II dilaksanakan dengan metode karyawisata secara kelompok kecil kemampuan berhitung anak meningkat mencapai 80%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penerapan metode karyawisata mampu meningkatkan kemampuan kognitif khususnya berhitung anak kelompok B Taman kanak-kanan Aisyiyah Bustanul Athfal III singkut sarolangun.





Kata kunci : kemampuan, berhitung, karyawisata

                                                                                           .

Mahasiswa program S1 PAUD,FKIP,Universitas Terbuka




LEMBAR PENGESAHAN


MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA
BERHITUNG ANAK  KELOMPOK B MELALUI METODE
KARYAWISATA DI TAMAN KANAK-KANAK
AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III
SINGKUT  SAROLANGUN

LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL ( PKP )
PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI


OLEH :
NAMA                                   :    YULI MAWARNI
NIM                                       :    819252465
KELOMPOK BELAJAR      :    SAROLANGUN
MASA REGISTRASI           :    2014.1


                                                                                     Sarolangun,   April 2014
Mengetahui :                                                                Menyetujui/Mengesahkan
Ka. UPBJJ-UT Jambi                                                   Supervisor/Pembimbing





Dra. Hartinawati, M.Pd                                            Dra. Irma Suryani, M.Pd
NIP 19581024 198602 2 001                                      NIP 19651011 199203 2 002



LEMBAR PENGESAHAN

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA
BERHITUNG ANAK  KELOMPOK B MELALUI METODE
KARYAWISATA DI TAMAN KANAK-KANAK
AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III
SINGKUT  SAROLANGUN

LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL ( PKP )
PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

OLEH :
NAMA                                   :    Yuli Mawarni
NIM                                       :    819252465
KELOMPOK BELAJAR      :    SAROLANGUN
MASA REGISTRASI           :    2014.1


                                                                           Sarolangun,   April 2014
                      Kepala TK                                              Mahasiswa
        Aisyiyah Bustanul Athfal III                                        
                              






   Siti Maratus Solehah, S.Pd AUD                        Yuli Mawarni
                                                       .                          NIM 819252465

                                                                                     Supervisor I





                                                                         Dra. Irma Suryani, M.Pd
                                                                       NIP 19651011 199203 2 002



LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI S-1 PG PAUD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA

Nama                                               : Yuli Mawarni
NIM                                                 : 819252465
Program Studi                                  : S-1 PG PAUD
Tempat Mengajar                             :
Jumlah Siklus Pembelajaran             : 2 Siklus
Hari Dan Tanggal Pelaksanaan        : Siklus I Hari Senin, Tanggal 03 Maret 2014
Hari Selasa, Tanggal 04 Maret 2014
Hari Rabu, Tanggal 05 Maret 2014
Hari Kamis, Tanggal 06 Maret 2014
Hari Jum’at, Tanggal 07 Maret 2014
Siklus II Hari Senin, Tanggal 10 Maret 2014
Hari Selasa, Tanggal 11 Maret 2014
Hari Rabu, Tanggal 12 Maret 2014
Hari Kamis, Tanggal 13 Maret 2014
Hari Jum’at, Tanggal 14 Maret 2014
Masalah yang merupakan fokus perbaikan :
1.      Hasil Kegiatan Pembelajaran Berhitung kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal  III
2.      Penggunaan Metode Karyawisata
                                                                                    

                                                                                     Sarolangun,   April 2014
Menyetuji / Mengesahkan :                                          Mahasiswa
Supervisor I / Pembimbing                                          



Dra. Irma Suryani, M.Pd                                          Yuli Mawarni
NIP 19651011 199203 2 002                                      NIM 819252465




LEMBAR PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT


Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan Praktek Pemantapan Kemampuan Profesional ( PKP ) yang saya susun sebagai syarat untuk memperolah gelar sarjana pendidikan dari program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( PG PAUD ) Universitas Terbuka ( UT ) merupakan hasil karya saya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah di tuliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmah.
Apabila dikemudian hari di temukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Sarolangun,     April 2014
Yang Membuat Pernyataan







YULI MAWARNI
NIM 819252465



KATA PENGANTAR

Segala puji dan rasa syukur penulis sampaikan kehadirat Allah SWT, yang mana atas nikmat sehat yang diberikan sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Pemantapan Kemampuan Profesional ( PKP ) ini dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Khususnya Berhitung Anak Kelompok B Melalui Metode Karyawisata TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Singkut Sarolangun”.
Laporan ini dutulis dan di susun untuk memenuhi Tugas Pemantapan Kemampuan Profesional dan sebagai persyaratan untuk menyelesaikan jenjang pendidikan S 1 PGPAUD pada Universitas Terbuka UPBJJ-UT Jambi.
Dengan terselesaikannya laporan PKP ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada :
Dra. Irma Suryani, M.Pd sebagai pembimbing hingga terselesaikanya laporan ini.
Donaliza Martini, S.Pd.AUD Sebagai teman sejawat yang telah memberi banyak masukan dalam penyusunan laporan PKP ini. Siti Maratus Solihah, S.Pd.AUD Sebagai Kepala Sekolah tempat praktek yang telah memberikan waktu dan kesempatan dalam pelaksanaan praktek  Mengajar Penulis. Sudarsi sebagai pengelola PAUD yang telah memberikan waktu kesempatan juga dukungan demi selesainya laporan PKP ini
Para Tutor dari UT sebagai penyalur ilmu untuk penulis sehingga penulis mendapat ilmu dan berbagai pengetahuan tentang laporan yang harus di selesaikan untuk Jejak S 1 PGPAUD Universitas Terbuka ( UT ) Jambi.
Dra. Hartinawati, M.Pd sebagai kepala UPBJ-UT Jambi yang telah memberikan peluang untuk penulis menimba ilmu dan kesempatan menyelesaikan laporan PKP ini. Para Pengelola Daerah dan Pusat UT sebagai fasilitator dan motivator selama penulis kuliah di UT Jambi ini dari kelompok belajar di Kabupaten Sarolangun.\
Keluarga tercinta sebagai pendukung baik moral ataupun spritual juga motivator bagi penulis hingga terselesaikanya laporan PKP ini.
Akhirnya penulis mendo’akan semoga Allah senantiasa melindungi dan memberikan kesehatan dan panjang umur. Sehingga dapat meraih cita-cita harapan kita semua. Mudah-mudahan laporan ini penulis harapkan bermanfaat bagi pembaca. Amin

Sarolangun,  April 2014







                                                                       Penulis



DAFTA ISI

HALAMAN JUDUL---------------------------------------------------------------- i
ABSTRAK-------------------------------------------------------------------------- ii
LEMBAR PENGESAHAN------------------------------------------------------- iii
LEMBAR PENGESAHAN------------------------------------------------------- iv
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN PERBAIKAN-------------------------- v
LEMBAR PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT---------------------------------- vi
KATA PENGANTAR------------------------------------------------------------ vii
DAFTAR ISI--------------------------------------------------------------------- viii
DAFTAR LAMPIRAN------------------------------------------------------------ ix

BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah------------------------------------------------ 1
B.      Rumusan Masalah------------------------------------------------------ 3
C.      Tujuan Perbaikan------------------------------------------------------- 3
D.      Manfaat Perbaikan----------------------------------------------------- 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.      Kognitif, Pengembangan Kognitif, Pengembangan Berhitung-------- 5           
B.      Metode Pengembangan Kognitif------------------------------------- 13
C.      Hipotesis Tindakan---------------------------------------------------- 17
BAB III RENCANA PERBAIKAN
A.      Informasi Subjek Penelitian------------------------------------------- 18
B.      Deskripsi Rencana Tiap Siklus---------------------------------------- 18
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A.      Hasil Perbaikan Tiap Siklus------------------------------------------- 23
B.      Pembahasan Setiap Siklus -------------------------------------------- 49
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.           KESIMPULAN------------------------------------------------------- 51
B.            SARAN--------------------------------------------------------------- 51
Daftar pustaka--------------------------------------------------------------------- 52
Lampiran
DAFTAR LAMPIRAN

1.             Biodata Penulis
2.             Surat Kesediaan Sebagai supervisor II
3.             Surat kesediaan sebagai penilai
4.             Dua set APKG PKP I dan APKG PKP II dari Supervisor II
5.             Satu set APKG PKP I dan APKG PKP II dari penilai
6.             Foto dokumentasi

7.             Jurnal Pembimbingan Supervisor

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Pages

Blog Archive

Visitor