Tempat Berbagi Makalah, Karya Tulis/ Ilmiah Serta Berbagai Macam Tugas Sekolah Dari SD/SMP/SMA dan Umum

Tuesday, August 5, 2014

KARYA ILMIAH BAB IV ( bagian 1 ) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF KHUSUSNYA BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE KARYAWISATA DI TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III SINGKUT SAROLANGUN

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.      Hasil Perbaikan Tiap Siklus
1.       Hasil Pengamatan Siklus I
Dari Hasil Pengamatan siklus 1 dapat diperoleh hal-hal antara lain : Anak termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, tetapi belum maksimal anak memahami penjelasan dari guru, dengan demikian masih perlu banyak perbaikan pada siklus selanjutnya.
Untuk perbaikan siklus 1 dengan lima kali pertemuan dari tanggal 03 Maret 2014 sampai 07 Maret 2014 dengan tema, air, udara dan, api dengan tujuan perbaikan meningkatkan kemampuan berhitung anak adalah sebagai berikut :
a.              Senin, 3 Maret 2014
Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal + 30 Menit
a.       Tanya Jawab tentang Air, udara dan Api
2.      Kegiatan inti + 60 Menit
a.       mengisi Air kedalam Beberapa Botol
b.       Menghitung Jumlah Botol
3.      Kegiatan Akhir + 30 Menit
a.       menyanyi Sayonara
b.       Mengulang Kegiatan Hari ini
Sarana dan alat yang digunakan
1.      Kurikulum
2.      Air
3.      Botol
4.      Corong
5.      Cangkir
Langkah-langkah perbaikan
1.      Kegiatan perbaikan
Kegiatan anak dalam SKH tanggal 03 Maret 2014 yaitu pada kegiatan inti antara lain mengisi air kedalam beberapa botol dan menghitung jumlah botol.
Pada kegiatan pertama anak-anak masih banyak yang belum tahu bagaimana mengisi air kedalam botol, oleh sebab itu guru masih harus melakukan kegiatan perbaikan antara lain :
a.       Guru menunjukkan cara bagaimana memasukkan air kedalam  botol sambil di hitung.
                            b.       Guru meminta anak untuk menirukan apa yang di contohkan guru
c.       Guru memberikan urutan dari awal bagaimana air bisa masuk kedalam botol
1.             Kegiatan Pengembangan
Dalam menghitung jumlah botol yang telah di isi air anak sudah banyak yang mampu tetapi belum maksimal, harus dilakukan dengan cara berkelompok, dan dilakukan langkah-langkah perbaikan antara lain :
a.       Bimbing anak untuk mengucapkan rutkan angka yang sesuai dengan jumlah botol  masing-masing
b.       Guru menunjukkan botolnya dan anak-anak yang menghitung
c.       Berikan motivasi untuk mampu menghitung sambil menunjuk bendanya.
Hasil Refleksi
Dari uraiaan kegiatan perbaikan dan kegiatan pengembangan dapat ditemukan hasil refleksi yaitu :
1.       Untuk kegiatan inti pertama masih belum mencapai target, sehingga perlu di ulang kembali.
2.       anak sudah banyak yang mampu mengikuti, tetapi ada yang sebagaian anak belum mampu, dan harus di lakukan perbaikan pada kegiatan inti yang kedua.
b.             Selasa, 4 Maret 2014
Langkah Pembelajaran
1.             Kegiatan Awal + 30 Menit
a.       Senam Bebek 1
b.       Tanya Jawab tentang Air, udara dan Api
2.             Kegiatan inti + 60 Menit
a.       Mencari botol- Botol
b.       Membilang Banyak Botol
3.             Kegiatan Akhir + 30 Menit
a.       Menyanyi lagu Anak
b.       Mengulang Kegiatan Hari ini
Sarana dan alat yang digunakan
1.      Kurikulum
2.      botol-botol
Langkah-langkah perbaikan
1.      Kegiatan perbaikan
Dalam kegiatan mencari botol-botol anak sudah mampu bahkan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, tetapi ada yang perlu di ingat dan perlu di perbaiki dalam kegiatan ini antara lain langkah-langkahnya sebagai berikut :
a.       Pilih dan Seleksi tempat yang akan di jadikan tempat kegiatan
                            b.       Pastikan tempatnya aman dan tidak begitu jauh
c.       bimbing anak untuk lebih hati-hati melakukanya.
2.             Kegiatan Pengembangan
Kegiatan inti kedua adalah membilang banyak botol atau apa saja yang bisa untuk menampung air, anak masih ada yang belum mampu sehingga perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan antara lain :
a.       Bimbing anak untuk belajar menghitung
b.       ajari anak untuk mengenal konsep bilangan dengan botol-botol
Hasil Refleksi
Berdasarkan dari kegiatan inti satu dan dua maka semua kegiatan pembelajaran sudah berlangsung sebagaimana mestinya, tetapi untuk hasil yang maksimal perlu dilakukan berulang-ulang.
c.              Rabu, 5 Maret 2014
Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal + 30 Menit
a.       Berayun
b.       menirukan Kalimat “ Air Penting Untuk Kehidupan”
2.      Kegiatan inti + 60 Menit
a.       Bermain Pencampuran warna
b.       Menghitung Gelas yang ada air berwarnanya.
3.      Kegiatan Akhir + 30 Menit
a.       Mencuci Tangan
b.       Mengulang Kegiatan Hari ini
Sarana dan alat yang digunakan
1.      Air
2.      Cat /Pewarna
3.      Sendok
4.      Gelas-gelas Bening
Langkah-langkah perbaikan
1.      Kegiatan perbaikan
Dalam kegiatan perbaikan akan dilakukan kegiatan inti satu yaitu bermain mencampur warna dengan langkah-langkahnya sebagai berikut :
a.       Siapkan tiga gelas kosong kemudian, isi air, campurkan tiga warna dasar ( merah. Kuning, Biru) kemasing-masing gelas yang sudah ada airnya.
                            b.       Aduk Hingga airnya berubah warna
c.       Lalu Campurkan dari 1 Warna dengan 1 warna Lainya
d.      dan campurkan lagi campuran warna tersebut.
2.      Kegiatan Pengembangan
Kegiatan anak lebih banyak bermain pada kegiatan menghitung gelas dengan langkah-langkah perbaikan antara lain :
a.       Guru menginformasikan cara memainkan kegiatan ini
b.       Guru menjelaskan apa yang harus dilakukan
c.       dengan kegiatan ini anak di harapkan mampu berhitung dengan media apapun.
Hasil Refleksi
a.       Dari kegiatan yang dilakukan sebagian besar anak-anak sudah mampu menghitung dengan menggunakan benda-benda di alam sekitar.
                   b.      Untuk kegiatan selanjutnya adalah mengenal bagaimana hasil warna yang dicampur dan menghitung warna-warna apa yang di gunakan dan berapa jumlahnya.
d.      Kamis, 6 Maret 2014
Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal + 30 Menit
a.       Bergantung
b.       Menulis Nama Sendiri
2.      Kegiatan inti + 60 Menit
a.       membuat Urutan Bilangan 1-10
b.       membilang Gambar Gelas Susu
3.      Kegiatan Akhir + 30 Menit
a.       Bernyanyi
b.       Mengulang Kegiatan Hari ini
c.       berdo’a Pulang
Sarana dan alat yang digunakan
1.      Angka 1-10
2.      Gambar Gelas Susu 1-10
Langkah-langkah perbaikan
1.      Kegiatan perbaikan
Dalam membuat urutan bilangan 1-10 anak-anak banyak yang belum mampu secara maksimal sehingga perlu perbaikan dengan langkah-langkahnya sebagai berikut :
a.       Guru memberi contoh cara mengurutkan angka 1-10
                            b.       Guru mengurutkan dengan media gambar gelas
2.      Kegiatan Pengembangan
Pada kegiatan anak dalam mengurutkan angka 1-10 belum sesuai dengan harapan maka anak akan menghitung gambar gelas susu.langkah-langkah perbaikan
a.       Guru memberikan beberapa gambar gelas
b.       kemudian menghitung pelan-pelan secara berurutan
Hasil Refleksi
a.       Dari kegiatan yang dilakukan pada RKH yaitu mengurutkan bilangan 1-10 masih belum maksimal, sehingga kegiatan ini perlu di ulang kembali.
                   b.      pada kegiatan ke dua membilang gambar gelas susu anak-anak sudah mampu, hanya perlu di tingkatkan kembali.
e.       Jum’at, 7 Maret 2014
Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal + 30 Menit
a.       Menyebut Agama Islam
b.       Menyebutkan tempat Ibadahnya
2.      Kegiatan inti + 60 Menit
a.       Menghubungkan kata balon dengan gambar balon
b.       membilang / Menghitung balon
3.      Kegiatan Akhir + 30 Menit
a.       Bernyanyi
b.       Mengulang Kegiatan Hari ini
c.       berdo’a Pulang
Sarana dan alat yang digunakan
1.      Kata Balon
2.      Gambar Balon
3.      Balon
Langkah-langkah perbaikan
1.      Kegiatan perbaikan
Anak menghubungkan kata balon dengan gambar balon belum mampu sehingga perlu perbaikan dengan langkah sebagai berikut :
a.       Guru Menunjukkan huruf satu persatu kepada anak ( B_A_L_O_N )
                            b.       Guru Menunjukkan kepada anak bagaimana bunyi tersebut
2.      Kegiatan Pengembangan
kegiatan anak membilang/menghitung balon berjalan dengan baik, untuk itu akan melakukan kegiatan membilang menghitung balon.
a.       Guru menginformasikan cara membilang /menghitung balon
b.       Guru menghitung dengan balon dari 1-10
c.       Anak-anak di ajak menunjuk dan mengikuti cara berhitung.
Hasil Refleksi
a.       Dari kegiatan yang dilakukan yaitu menghubungkan kata balon masih belum maksimal sehingga perlu di ulang kembali
b.      pada kegiatan kegiatan bermain menghitung balon sudah berjalan dengan baik, sehingga tidak harus di ulang kembali



0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Pages

Blog Archive

Visitor